100 Under $100: One Hundred Tools for Empowering Global Women

100 Under $100: One Hundred Tools for Empowering Global Women

Sejarah Kerajaan apa saja yg pernah di serang kerajaan sriwijaya

Kerajaan apa saja yg pernah di serang kerajaan sriwijaya

Jawaban:

Sebenarnya, lokasi tepat Kerajaan ini masih menjadi perdebatan. Ada sejarawan yang meyakini lokasi Sriwijaya diduga terletak di Palembang, Sumatera. Namun menurut Van Bemmelen dalam De Geologische Geschiedenis, Sriwijaya dikatakan terletak di Jambi sekitar tepi teluk serta kota Palembang.

jadi mungkin belum ada catatan sejarah bahwa kerajaan Sriwijaya menyerang kerajaan lain karena letak kerajaan yang masih menjadi perdebatan

Tapi kerajaan lain pernah menyerang kerajaan Sriwijaya yaitu

1.Kerajaan Medang dari Jawa

Kerajaan Medang menyerang Sriwijaya pada 990-an. Munoz (2006) menerangkan, serangan ini terjadi pada 988 hingga 992, tepat ketika Sri Cudamani Warmadewa memimpin.

Akan tetapi, Sriwijaya berhasil memukul mundur musuhnya saat itu.

2.Kerajaan Chola dari India Selatan

Memasuki abad ke-11, Sriwijaya mendapatkan serangan lagi oleh pihak Kerajaan Chola dari India Selatan. Tepatnya, pada 1017 dan 1025, Raja Rajendra Chola I mengirim pasukan dan berhasil menduduki beberapa daerah kekuasaan Sriwijaya. Penyerangan ini terjadi ketika Sangrama-Vijayottunggawarman memimpin Sriwijaya. Secara perlahan, Chola berhasil mempengaruhi kekuasaan raja baru. Menurut Sastri K. A. N dalam The Cholas (1935), beberapa kerajaan bawahan Sriwijaya yang telah ditaklukan boleh memerintah, namun tetap harus tunduk pada pihak Chola. Akibatnya, kekuatan Sriwijaya berkurang.

3. Kerajaan Majapahit.

Menurut catatan Cina, Sriwijaya menyisakan kekuasaan di sekitar Palembang yang saat itu bernama Kerajaan Palembang. Kabar terakhir dari kerajaan ini ke pihak luar ketika mengirim utusan ke Cina pada 1374 dan 1375. Faktanya, kerajaan di Palembang ini akhirnya hancur pada 1377 karena diserang oleh Kerajaan Majapahit.

.

[answer.2.content]